arnews.id
arnews.id Media Online

Jokowi Lantik Yudo Margono Jadi Panglima TNI Hari Ini

65

arnews – Presiden Joko Widodo akan melantik Laksamana Yudo Margono sebasgai Panglima TNI hari ini. Pelantikan ini menyusul Panglima TNI Jendral Andika Perkasa yang akan pension pada 21 Desember. Pelantikan ini pun telah direstui oleh DPR.

“Iya (Jokowi lantik Yudo),” kata Deputi Bidnag Protokol, Persm dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dikutip dari CNNIndonesia.com.

Bey tak menyebut jam dan lokasi pelantikan. Menurut informasi pelantikan Yudo sebagai Panglima TNI akan dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta pada pukul 11.30 WIB.

Nama Yudo sebenarnya sudah muncul sebagai kandidat Panglima saat Marsekal Hadi Tjahjanto akan pension tahun lalu. Namun, Jokowi lebih memilih Kepala Staf Angkatan Laut (KSAD) Jendral Andika Perkasa pada saat itu.

Yudo adalah lulusan Akademi Militer Laut (AAL) tahun 1988. Pada awal kariernya Yudo bergabung dengan KRI YNS dengan menjabat sebagai Asisten Perwira Divisi (Aspadiv) Senjata Artileri Rudal.

Setelah itu, Yudo memimpin Sejumlah kapal perang milik TNI Angkatan Laut. Pada 2018, ia dipercaya menjadi Panglima Komando Armada I yang memimpin TNI AL di Indonesia bagian barat.

Tahun berikutnya, Yudo menduduki jabatan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I. ia memimpin Sejumlah operasi oenanganan Covid-19 pada saat itu.

Setelah itu, Yudo dilantik menjadi KSAL menggantikan Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Dia menjabat posisi tersebut Sejak 2020 hingga saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.