arnews.id
arnews.id Media Online

Jepang Setop Ekspor Mobil Ke Rusia

197

Jepang memutuskan pada Jumat (28/7) melarang ekspor kendaraan ke Rusia mulai 9 Augustus 2023. Keputusan ini sejalan dengan yang sudah dilakukan negara-negara G7 dengan latar belakang perang di Ukraina.

“Dengan itu, ekspor ke Rusia atas mobil lebih 1.900cc, mobil penumpang mesin hybrid dan bak untuk kendaraan besar serta lainnya akan dilarang mulai 9 Augustus,” kata Menteri Perekonomian, Perdagangan dan Perindustrian Jepang Yasutoshi Nishimura, dilansir Reuters.

Japan Times menjelaskan sebelumnya Jepang sudah melarang ekspor kendaraan premium ke Rusia mulai April.

Sedangkan keputusan baru ini meliputi kendaraan baru dan bekas bermesin bensin dan diesel yang lebih dari 1.900cc, mobil listrik, mobil hybrid dan bak untuk kendaraan besar.

“Bekerja sama dengan komunitas internasional, termasuk G7 serta kementerian dan lembaga terkait, kami ingin melaksanakan langkah-langkah tersebut dengan tegas,” ujar Nishimura.

Sekitar 750 barang ditambahkan ke daftar hitam ekspor Jepang ke Rusia, selain mobil seperti disebutkan di atas ada pula besi, logam dan fiber yang bisa mempertahankan kegiatan industry di Rusia.

Detail Larangan baru ini bakal diumumkan secara resmi sepakan sebelum diberlakukan.

Nilai ekspor Jepang ke Rusia pada 2022 mencapai 603,9 yen, turun dari setahun sebelumnya. Mobil penumpang, yang Kebanyakan kondisinya bekas, menyumbang lebih dari separuh angka tersebut.

Pada 2022 ekspor kendaraan bekas 2.000 cc hingga 3.000 cc dari Jepang ke Rusia melonjak tiga kali lipat disbanding 2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.