arnews.id
arnews.id Media Online

Indonesia Siapkan Rp15 M Untuk Palestina Dari Anggaran BNPB

24

arnews – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memastikan pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan masing-masing sebesar US$1 juta atau setara Rp15 miliar untuk Palestina dari anggaran Badan Penanggulangan Bencana (BNPB).

Indonesia juga akan menggelontorkan bantuan dengan jumlah yang sama untuk Sudan.

Hal ini diputuskan dalam Rapat Menteri tentang bantuan penanganan darurat kesehatan untuk Palestina dan Sudan di Kantor PMK, Jakarta Selasa (26/3).

“Untuk bantuan sudah kita sepakati bahwa pemetinah Republik Indonesia akan memberikan bantuan kepada Palestina dan Sudan yang nilainya masing-amsing US$1 juta,” kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan dana ini diambil dari anggaran siap pakai BNPB. Ia juga memastikan salah satu barang yang dikirim untuk bantuan berupa obat-obatan.

Nantinya, bantuan untuk Palestina ini akan dikirim lewat pemerintah Mesir.

“Untuk Palestina itu bantuannya akan lewat pemerintah Mesir dan untuk melayani atau untuk mengurus, merawat orang-orang Palestina yang sekarang sudah berada di dalam pengurusan yang di dalam tanggung jawab pemerintah Mesir,” kata dia.

Ditempat yang sama, Menlu Retno Marsudi menjelaskan bantuan ini untuk melengkapi berbagai bantuan-bantuan yang telah Indonesia berikan sebelumnya.

“Beberapa kali pemerintah Indonesia sudah memberikan bantuan ke Palestina baik melalui jalur udara dan yang terakhir melalui jalur laut dan sumber dari bantuan ini baik dari pemerintah dan juga oleh kalangan nonpemerintah,” kata Retno.

Retno menejelaskan total bantuan yang berasal dari Indonesia ke Palestina sejauh ini sudah 4.400 ton. Ia mengatakan semua bantuan itu diperuntukan untuk warga di Jalur Gaza.

“Jadi sekali lagi untuk Gaza dan semua bantuan Indonesia saat ini sudah masuk Gaza,” katanya.

Retno mengungkapkan banyak hambatan terhadap penyaluran antuan jika dilakukan melalui darat. Oleh karena itu, pemerintah sedang berupaya mencari jalan bantuan melalui non-darat.

“Di dalam kaitan ini pemerintah Indonesia diajak bicara olah pemerintah Jordania untuk diajak bersama-sama untuk membantu Palestina melalui udara, melalui air drop. Kami sudah melakukan pembicaraan baik dengan Pak Menko Polhukam, dengan Pak Menhan maupun dengan panglima TNI,” kata Retno.

Leave A Reply

Your email address will not be published.