arnews.id
arnews.id Media Online

Imbas Keributan Indonesia Vs Thailand: 15 Orang Disangksi, Densa Rp268 Juta

191

arnews – Komite Disiplin Sepak Bola Asia (AFC) telah menjatuhkan sanksi untuk Indonesia dan Thailand usai keributan di final SEA Games 2023.

Timnas Indonesia U-22 memastikan meraih emas SEA Games setelah menang 5-2 atas Thailand. Namun laga yang berlangsung panas itu diwarnai keributan yang melibatkan pemain, pelartih, dan ofisial kedua tim.

Komdis AFC pun telah merilis sanksi untuk Indonesia dan Thailand pada Rabu (12/7). Hasilnya sebanyak 15 orang kena sanksi dan total denda untuk kedua tim mencapai Rp268 juta.

Dari Timnas Indonesia U-22 terdapat enam orang yang kena sanski. Mulai dari pemain, peltih kiper, hingga ofisial tim.

Dua pemain tim Garuda Muda, Titan Agung dan Komang Teguh dijatuhi sanksi Larangan bermain dalam enam pertandingan plus denda US$1000 atau sekitar Rp14 juta. Ini dikarenakan keduanya melakukan pelanggaran serius terhadap Pasal 47 dan 38.2.4 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Sanksi yang sama berupa Larangan mendampingi tim dan denda juga diberikan kepada ofisial Timnas U-22, Tegar Diokta dan pelatih kiper Sahari Gultom.

Sedangkan gelandang Muhammad Taufany bersama dua ofisial Ahmad Nizar dan Muhni Toid disanksi tak bisa bersama tim dalam enam pertandingan mengacu pada pasal 51 Kode Disiplin dan Etik AFC yang berkaitan dengan keributan pertandingan.

Jumlah personel Thailand yang disanksi AFC mencapai delapan orang. Empat di antaranya merupakan pemain Changsuek yakni Soponwit Raykart, Chayapipat, Supunpasuch, dan Thirapak Prueangna.

Soponwit bersama pelatih kiper Prasobchoke Chokemor, Pattarawut Wongsriphuek (ofisial), dan Mayeid Mad, Adam (ofisial) disanksi Larangan bersama tim selama enam pertandingan dan dengan US$1000. Keempat orang ini dinyatakan melakukan pelanggaran serius terhadap Pasal 47 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Compatriot Soponwit yaitu Chayapipat, Purachet, dan Thirapat hanya dihukum Larangan bermain selama enam pertandingan. Sanksi yang sama juga dijatuhkan kepada asisten pelatih Bamrung Boonprom.

Sanksi AFC untuk Thailand tidak berhenti sampai disitu. AFC juga menjatuhkan hukuman denda USD10.000 (Rp149 juta) kepada FAT karena melanggar pasal 51.1 Kode Disiplin dan Etik AFC.

Leave A Reply

Your email address will not be published.