arnews.id
arnews.id Media Online

Heboh Pelari Somalia Cetak Rekor Lari 100 Meter Paling Lambat

384

arnews – Video pelari asal Somalia yang disebut cetak rekor paling lambat pada nomor sprint 100 meter menghebohkan media sosial.

Jagad media sosial dihebohkan dengan cuplikan video dari World University Games 2023 di Chengdu, China, Selasa (1/8) dalam lomba lari nomor 100 meter putri. Wanita asal Somalia yang ikut dalam Kompetisi itu jadi sorotan karena jadi pelari paling belakang.

Tak hanya itu, wanita yang kemudian diidentifikasi sebagai Nasra Abukar itu Nampak tidak kompetitif lantaran tertinggal jauh dari para pelari pesaing lainnya. Ia mengukir catatan waktu 21,81 detik.

“Abukar yang disebut sebagai atlet tidak terlatih dengan pengalaman lari terbatas, diberitakan menyelesaikan baapan dengan 21,81 detik sekaligus jadi rekor baru finis terlambat,” tulis Sport Bible.

Dalam laporan tersebut, Abukar dikabarkan merupakan keponakan dari Ketua Federasi Atletik Somalia, Khadjia Aden Dahir.

Khadija bahkan disebut sempat mengucapkan selamat kepada sang keponakan melalui unggahan media sosial. Hal ini membuat menteri Olahraga Somalia, Mohamed Barre berencana melakukan investigasi terhadap proses seleksi atlet.

“Kementerian Olahraga Somalia menyatakan tidak tahu bagaimana Nasra Abukar Ali dipilih untuk berkompetisi pada lomba lari 100 meter putrid ai Chengdu pada Selasa lalu,” tulis pernyataan yang dikutip dari CBC.

Kementerian Olahraga Somalia kemudian meminta Komite Olimpiade Somalia untuk memboikot Ketua Federasi Atletik Somalia Khadija Aden Dahir lantaran Nasra Abukar memiliki kaitan kekeluargaan.

“Kementerian Olahraga secara terpisah merilis pernyataan kepada Komite Olimpiade untuk menindak ketua federasi atletik Khadija Aden Dahir menyusul dugaan kekerabatan dengan Nasra Abukar dan diberi izin berkompetisi,” tulis CBC.

Leave A Reply

Your email address will not be published.