arnews.id
arnews.id Media Online

FIFA: Wasit  Indonesia Sudah Siap Gunakan VAR

25

arnews – Fase uji coba penggunaan Video Asisstant Referee (VAR) untuk Liga 1 2023/2024 telah rampunng dilaksanakan pada Senin (25/3) malam. Wasit Indonesia dinilai sudah siap.

Bertempat di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, fase uji coba itu diakhiri dengan pertandingan uji coba sekolah sepak bola (SSB) Remci FC melawan Farnel FC.

Peninjau wasit VAR FIFA Subkhiddin bin Mohd Salleh menyebut wasit Indonesia sudah siap menjalankan VAR di Liga 1. Kini wasit asal Malaysia itu tinggal membuat laporan ke FIFA.

Setelah laporan itu diberikan, nantinya FIFA akan memberikan lisensi wasit, asisten wasit, dan wasit operator VAR. Setelah itu para pengadil tersebut resmi menjadi wasit VAR FIFA.

“Pada hari ini kita mengadakan final assessment dari 16-26 [Maret} untuk menilai kemampuan, kebolehan, capabillity, bagaimana mereka [wasit] berkomunikasi di VOR [Video Operational Room],” kata Subkhiddin.

“Jadi keeputusan adalah sangat baik. Saya boleh katakan lulus. Pada masa yang akan datang nantin menggunakan VAR,” ujarnya saat ditemui di Indomilk Arena pada Seninn (25/3) malam.

Selanjutnya wasit-wasit VAR yang berjumlah 13 orang, asisten wasit VAR sebanyak 22 orang, akan menjalani penyegaran sambil menunggu lisensi dari FIFA dikeluarkan.

Jika lisensi sudah dikeluarkan, otomatis Indonesia telah punya sumber daya manusia untuk menggunakan VAR. Rencananya VAR akan digunakan saat Championship Series Liga 1.

Leave A Reply

Your email address will not be published.