arnews.id
arnews.id Media Online

FIFA Klarifikasi Soal Kontroversi Kartu Biru

38

arnews – FIFA akhirnya angkat bicara soal kontroversi aturan kartu biru di sepak bola. Berikut klarifikasi FIFA soal kartu biru.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberikan klarifikasi terkait kontroversi kartu biru yang diisukan akan diterapkan di seluruh pertandingan sepak bola.

FIFA menegaskan penerapan kartu  biru di level tertinggi sepak bola sulit diterapkan. FIFA juga menilai bahwa uji coba penerapan kartu biru prematur.

“FIFA ingin mengklarifikasi bahwa laporan tentang apa yang disebut ‘kartu biru’ di level elit sepak bola adalah tdak benar dan premature,” tulis FIFA di akun media X pada Jumat (9/2).

Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) memperkenalkan aturan baru yaitu kartu biru selain karu kuning dan merah pada pertandingan sepak bola.

Kartu biru dikeluarkan wasit unutk memberikan peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Khususnya untuk perselisihan antar pemain.

Pemain yang mendapat kartu biru akan dihukum dengan dikeluarkan dari lapangan selama 10 menit, sebelum masuk lagi ke dalam lapangan.

Namun, jika seorang pemain mendapat dua kartu bitu dalam satu pertandingan maka akan diganjar kartu merah.

Aturan kartu biru ini sudah diuji coba dan dinilai berhasil saat diterapkan di sepak bola amatir dan remaja di Inggris serta Wales. IFAB pun sudah memberi izin untuk memperpanjang masa uji coba aturan kartu biru di tingkat senior.

Namun FIFA menilai uji coba tersebut harus dibatsi pada pertandingan level rendah.

“Uji coba tersebut, jika dilaksanakan, harus dibatasi pada pengujian secara bertanggung jawab di tingkat yang lebih rendah, sebuah posisi yang ingin diulangi oleh FIFA ketika agenda ini dibahas pada RUPS IFAB pada tanggal 2 Maret,” ucap FIFA.

Leave A Reply

Your email address will not be published.