arnews.id
arnews.id Media Online

Fenomena Hujan Es Di Sawojajar, Kota Malang

523

MALANG, arnews – Fenomena Hujan es Terjadi di Sawojajar, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (23/12)

Curah hujan ekstrem yang terjadi di daerah Sawojajar menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal ini dilihat dari banyaknya netizen di media sosial yang membagikan pengalaman mereka tentang fenomena hujan es yang terjadi, hal itu membuat sawojajar masuk kedalam trending topic di twitter.

Dalam postingan akun twitter @ngalamfess yang membagikan foto, hujan es terjadi di sawojajar pada pukul 13.00 WIB. Unggahan itu menyebutkan hujan es yang disertai angin terjadi sekitar 10 menit. Sampai saat ini unggahan tersebut sudah dibagikan lebih dari 400 orang.

Sementara itu, informasi dari akun Twitter BMKG Staklim Malang (@BMKGkarangploso) memberikan penjelasan resmi terkait dengan fenomena hujan es yang terjadi di Sawojajar, menurut BMKG Staklim Malang, fenomena hujan es atau yang juga dikenal dengan nama hail itu, disebabkan oleh munculnya awan Cumulonimbus (Cb) yang terbentuk akibat pemanasan dan cuaca terik pada siang hari, kemudian awan Cumulonimbus yang sudah berada pada tahap matang akan mengalami pendinginan atau kondensasi ekstrem, sehingga berpotensi untuk turun dalam keadaan masih berbentuk partikel es.

Selain itu, BMKG Staklim Malang juga menjelaskan, bahwa fenomena hujan es bersifat sangat lokal dalam radius lima hingga sepuluh kilometer. Fenomena ini juga umumnya berlangsung dalam waktu singkat, dengan kemungkinan yang kecil untuk terjadi di lokasi yang sama. fenomena cuaca ekstrem semacam ini merupakan hal yang lumrah terjadi pada masa pergantian musim hingga musim hujan.(Rj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.