arnews.id
arnews.id Media Online

Erick Thohir Yakin VAR Naikan Kualitas Liga 1

41

arnews – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyakini kehadiran Video Asisstan Referee (VAR) di Liga 1 membuat industry sepak bola Indonesia menjadi lebih baik.

Hal ini dikatakan Erick setelah PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) yang menjadi operator Liga 1 dan PSSi mengadakan uji coba penerapan VAR tahap ketiga di Lapangan JSI, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2).

“Bagi saya, dengan digunakanannya VAR, kualitas liga akan semakin baik, dengan semikian akan semakin baik juga industry sepak bola kita. Pemain akan semain baik juga mainnya. Dia tahu semua terjaga dengan baik” kata Erick, melalui keterangan resmi, Minggu (18/2).

Pada tahap uji coba itu, delapan kamera dipasang disejumlah titik lapangan dalam pertandingan klub Sekolah Sepak Bola (SSB) lokal.

Dalam uji coba itu, wasit dan asisten wasit juga melakukan simulasi operator tayangan ulang yang digunakan sebagai pertimbangan dalam Keputusan-keputusa penting.

Hal itu meliputi pengambilan Keputusan gol sah atau tidak sah, pengecekan penalti atau tidak penalti, kemungkinan pelanggaran kartu kuning atau kartu merah, dan kesalahan pengidentifikasian oleh wasit utama atau hakim garis.

Wakil Ketua Umum PSSi Ratu Tisha mengungkapkan VAR sudah dapat diaplikasikan ketika Liga 1 memasuki seri Championship pada 4-26 Mei.

Leave A Reply

Your email address will not be published.