arnews.id
arnews.id Media Online

Erick Thohir: Jangan Hanya JIS, Indonesia Punya Banyak Stadion

202

arnews – Ketua PSSI Erick Thohir meminta mesyarakat jangan hanya menyoroti Jakarta International Stadium (JIS) sebagai opsi venue Piala Dunia U-17 2023.

Pekan lalu FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang rencananya akan berlangsung mulai November mendatang.

Nama JIS mencuat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut stadion yang terletak di kawasan utara Jakarta itu bisa jadi salah satu opsi.

PSSI, dikatakan Erick, bakal meninjau kelayakan JIS sebelum delegasi FIFA tiba di Indonesia untuk melakukan verifikasi lebih lanjut.

“Pertama, FIFA nanti datang memeriksa stadion mana yang memang sesuai standarnya. Kedua, sebelum FIFA datang kita akan lakukan pengecekan. Ya, kita lihat [hasilnya]” kata Erick di Istana Presiden, Jakarta, Senin (3/7).

PSSI berencana akan melakukan verifikasi internal JIS sebelum mengajukan stadion tersebut ke FIFA sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17 2023.

Erick juga mengingatkan kepada mesyarakat tidak berfokus kepada JIS, karena Indonesia masih memiliki banyak stadion yang sesuai standar FIFA.

“Kenapa harus JIS terus, kan ada lapangan lain. Jangan bahas yang sedang ramai saja, karena kita hanya meramaikan JIS berarti lapangan lain bukan jadi prioritas. Padahal pemerintah mau merenovasi 22 stadion di Indonesia. Jadi jangan berfokus 1-2 stadion,” kata Erick.

Diketahui JIS hingga kini belum digunakan untuk menggelar laga internasional karena masih terkendala soal akses penonton dan lahan parkir. Dua kekurangan itu harus dikebut dalam waktu singkat jika ingin digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 2023 semula dijadwalkan digelar di Peru. Namun kemudian status tersebut karena Peru dianggap tidak siap secara infrastruktur.

Opsi penggunaan JIS sebagai salah satu venue muncul sebagai pertimbangan karena Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, kemungkinan tak bisa digunakan hingga pertengahan November 2023.

SUGBK sudah jauh-jauh haru dipesan promotor untuk menggelar konser band internasional, Coldplay, pada November mendatang. Sementara penetapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 baru diumumkan 23 Juni lalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.