arnews.id
arnews.id Media Online

Erdogan Peringatkan Israel Jangan Tutup Al Aqsa Saat Ramadan

24

arnews – Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan mewanti-wanti Israel agar tidak menutup situs suci di Yerusalem, Masjid Al Aqsa, selama Ramadan.

Erdogan menegaskan jiga Israel keras kepala menutup situs suci itu, mereka akan  menghadapi “konsekuensi sangat serius.”

“Kami menyampaikan pesan ke otoritas terjait mengenai betapa penting mencegah pprovokasi menjelang bulan Ramadan,” kata Erdogan saat konferensi pers di Ankara, Selasa (5/3).

Dia juga mengatakan alasan tuntutan Israel untuk membatasi akses umat Isalm ke Haram Al Sharif adalah omong kosong belaka.

“Konsekuensi mengambil langkah seperti ini tentu sangat buruk,” kata Erdogan, dikutip dari Al Jazeera.

Di kesempatan itu, Erdogan juga menyebut pemukim Israel di Palestina menjadi salah satu hambatan penyelesaian konflik dua negara itu.

Seruan Erdogan muncul usai Israel berencana melarang umat Muslim mengunjungi Masjid Al Aqsa selama Ramadan.

Kantor Kepala Perdana Menteri Israel mengumumkan pemerintah akan menerapkan sejumlah pembatasan ke Al Aqsa demi keamanan mulai 10 Maret.

“Perdana menteri membuat keputusan yang Simbang dalam kebutuhan keamanan yang ditentutkan oleh para profesional,” demikian rilis kantor PM Netanyahu pada Februari lalu.

Kantor netanyau tidak memberikan rincinan lebih lanjut terkait keputusan ini.

Pasukan israel juga tak segan menembaki jemaah yang berada di Masjid Al Aqsa saat Ramadan.

Seruan Erdogan juga muncul saat Israel akan menyerang Rafah, Palestina, saat Ramadan. Rencana ini memicu kecaman dari komunitas internasional terutama negara mayoritas Musilm.

Leave A Reply

Your email address will not be published.