arnews.id
arnews.id Media Online

Dokumen Rahasia AS Bocor: Pasukan Khusus Inggris Beraksi Di Ukraina

170

arnews – Inggris disebut mengerahkan 50 pasukan khusus ke Ukraina selama invasi Rusia berlangsung yakni pada Ferbruari dan Maret 2023.

Informasi itu terungkap dalam dokumen intelijen Amerika Serikat yang bocor dan beredar di dunia maya.

Dilansir The Guardian, dokumen tersebut menunjukan lebih dari setengah pasukan khusus Barat yang berada di Ukraina selama Februari dan Maret tahun ini kemungkinan merupakan pasukan Inggris.

Namun, tidak jelas kegiatan apa yang dilakukan pasukan itu di Ukraina. Tidak diketahui pula berapa Jumlah personel yang dikerahkan.

Dalam satu  again berjudul “SOF AS/NATO in UKR”, dokumen itu mencantumkan jumlah pasukan khusus Barat yang ada di Ukraina. Dokumen itu bertanggal Februari dan Maret 2023.

Berdasarkan file tersebut, para pejabat AS menilai 97 pasukan khusus negara-negara NATO di Ukraina, 50 di antaranya merupakan pasukan Inggris. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari AS dan Prancis yang disebut mengerahkan masing-masing 14 dan 15 pasukan.

Meski begitu, dokumen tersebut tidak merinci apa tujuan pasukan-pasukan khusus negara Barat itu di Ukraina.

Pasukan Khusus Inggris yang disebut dokumen itu antara lain Special Air Service (SAS), Special Boat Service, Special Reconnaissance Regiment, serta sejumlah unit militer rahasia lainnya seperti 18 (UKSF) Signal Regiment. Mereka adalah militer elit yang bisa melakukan aktivitas secara rahasia.

Pemerintah inggris sendiri, sejak Rusia memulai invasi, belum pernah menginformasikan soal pengerahan pasukan di Ukraina.

Meski begitu, sebelum invasi pada Juni 2021, Kedutaan Besar Inggris di Kyiv pernah mengatakan bahwa pasukan khusus mereka melakukan kegiatan latihan bersama pasukan Ukraina.

Leave A Reply

Your email address will not be published.