arnews.id
arnews.id Media Online

Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon Luncurkan Program Bersih – Bersih

111

arnews – Dalam penyelenggaraan kegiatan pengendalian lingkungan hidup, pengembangan sistem informasi kondisi lingkungan, potensi dampak dan pemberian peringatan akan pencemaran kepada masyarakat, serta pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengendalian lingkungan hidup, merupakan tugas Dinas Lingkungan Hidup sebagai penyelenggara pelayanan publik

Kali Pasar Kranggot

Karenanya Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon terus berupaya memberikan perhatian yang lebih besar terhadap kebersihan sampah di seluruh wilayah kota Cilegon. Hal itu terlihat dari giatnya aksi bersih – bersih yang dilakukan oleh semua unsur pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon saat ini, dibawah arahan Plt. Kepala Dinas Ahmad Aziz Setia Ade Putra . keseriusan Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon dalam menangani persampahan di seluruh wilayah kota Cilegon ini ,yaitu di luncurkannya program yang bertajuk “ Bersih – Bersih”. Program Bersih – Bersih itu sendiri sudah dimulai sejak tanggal 4 Juli 2022, dan masih terus berjalan hingga saat ini.

Program Bersih – Bersih itu sendiri sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dibeberapa wilayah kota Cilegon. Bersih – bersih menyasar seluruh tempat yang banyak terdapat timbunan sampah, seperti timbunan sampah yang berada di saluran, kali, kawasan perkantoran, lingkungan permukiman dan fasilitas umum lainnya. Masyarakat dapat melihat dan merasakan lingkungan yang bersih sehingga dapat beraktifitas dengan nyaman itulah yang menjadi tujuan dari kebersihan lingungan yang terjaga.

Kali Medaksa

Seperti diketahui, kondisi sebelumnya di beberapa tempat, seperti di kali pasar kranggot, kali medaksa dan Situ Rawa Arum dipenuhi dengan timbulan sampah yang mengakibatkan sumbatan mengalirnya air, serta polusi udara dari sampah yang membusuk, hal itu mengganggu aktifitas serta efek buruknya terhadap kesehatan masyarakat dilingkungan sekitar.

Namun kini, kondisi kali pasar kranggot, kali medaksa dan Situ Rawa Arum telah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup melalui program Bersih – bersihnya. Bersih – Bersih kali dilakukan dengan mengerahkan sejumlah pasukan kuning, unsur pegawai, serta puluhan armada pengangkut sampah, bahkan beberapa alat untuk membersihkan sampah di kali itu juga menggunakan alat berat milik Dinas PUTR. Hasilnya terlihat jelas, kali pasar kranggot, kali medaksa dan Situ Rawa Arum tidak lagi terdapat timbulan sampah yang menyumbat aliran air, serta polusi udara pun berkurang. Bahkan di Situ Rawa Arum setelah bersih seperti saat ini, dapat dijadikan pilihan masyarakat untuk tempat tujuan wisata lokal, karena sudah bersih dan terlihat keindahannya.

Situ Rawa Arum

Tak sampai disitu, program Bersih – Bersih Dinas Lingkungan Hidup ini akan terus dikembangkan agar kedepannya masyarakat Kota Cilegon dapat mengedepankan budaya bersih dan menjaga lingkungannya. (red/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.