arnews.id
arnews.id Media Online

Buntut Cium Hermoso, Luis Rubiales Dihukm FIFA 3 Tahun

115

arnews – FIFA resmi menjatuhkan hukuman kepada mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales berupa larangan berkecimpung di sepak bola selama tiga tahun.

Hukuman ini dijatuhkan FIFA karena aksi tidak senonoh yang dilakukan Rubiales saat final Piala Dunia Wanita 2023.

Rubiales kedapatan mencium bibir pemain Timnas putri Spanyol Jennifer Hermoso di podium juara saat pengalungan medali di Piala Dunia Wanita 2023.

Akis Luis Rubiales tersebut dinilai Komisi Disiplin FIFA telah melanggar Pasal 13 Kode Disiplin FIFA.

“Komite Disiplin FIFA telah melarang Luis Rubiales, mantan presiden Asosiasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola di tingkat nasional dan internasional selama tiga tahun, karena dianggap melanggat pasal 13 Kode Disiplin FIFA,” tulis FIFA dalam rilisnya pada Senin (30/10).

“Kasus ini berkaitan dengan peristiwa yang terjadi pada final Piala Dunia Wanita pada tanggal 20 Agustus 2023, yang mana Rubiales telah diskors Sementara selama 90 hari,” tulis FIFA menambahkan dalam putusannya.

Fifa mengungkapkan keputusan hukuman ini sudah disampaikan kepada Rubiales.

“Rubiales telah diberitahu tentang ketentuan keputusan Komite Disiplin FIFA hari ini. Sesuai dengan ketentuan yang relevan dari Kode Disiplin FIFA, ia memiliki waktu sepuluh hari untuk meminta keputusan yang beralasan, yang jika diminta, selanjutnya akan dipublikasikan di lama legal fifa.com. keputusan tersebut masih sapat diajukan banding ke Komite Banding FIFA,” tulis FIFA.

“FIFA menegaskan kembali komitmennya untuk menghormati dan melindungi integritas semua orang dan memastikan bahwa aturan dasar yang harus ditegakkan,” tulis FIFA menambahkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.