arnews.id
arnews.id Media Online

Banjir Bandang Italia Tewaskan 9 Orang, F1 Imola Batal

300

arnews – Sembilan orang tewas dan ribuan orang lainnya dievakuasi akibat banjir bandang yang menerjang wilayah Emlia-Romagna utara Italia pada Rabu (17/5).

Hujan deras yang mengguyur selama tiga hari terakhir itu memicu banjir hingga tanah longsor. Menteri Perlindungan Sipil Nello Musumeci mengatakan beberapa daerah bahkan diterjang setengah curah hujan tahunan hanya dalam 36 terakhir.

“Kami menghadapi peristiwa bencana yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya,” kata presiden wilayah Emilia-Romagna Stefano Bonaccini kepada wartawan.

“Jumlah hujan yang luar biasa telah jatuh di tanah yang tidak lagi mampi menyerapnya.”

Hujan deras ini pun membuat sungai yang mengalir melewati sejumlah kota ikut meluap dan menenggelamkan ribuan hektar lahan pertanian dan perkebunan.

Grand Prix (GP) F1 di Imola yang semestinya digelar Minggu akhir pekan ini terpaksa dibatalkan. Sebab,, rute balapan F1 dekat dengan daerah yang terdampak cukup parah akibat banjir bandang.

Dikutip Reuters, pembatalan GP Imola dilakukan sebagai upaya mengurangi tekanan pada layanan darurat dan mencegah penggemar berkumpul di wilayah terdampak banjir.

Kota Revenna di pesisir Adriatik menjadi salah satu yang terkena dampak terparah banjir.

Perwakilan Kementerian dalam negeri setempat mengatakan banjir telah melanda 37 kota dan sekitar 120 insiden tanah longsor telah tercatat dalam beberapa hari terakhir.

Setidaknya satu jembatan, di dekat kota Bologna, runtuh akibat banjir. Beberapa jalan rusak dan banyak layanan kereta api dihentikan akibat cucaca buruk.

Sembilan mayat telah diambil dari berbagai lokasi, kata Bonaccini. Irene Priolo, wakil presiden wilayah tersebut, mengatakan, meskipun hujan telah reda, tapi permukaan sungai masih naik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.