arnews.id
arnews.id Media Online

Bagi-Bagi Sembako Lebaran Di Yaman Tewaskan 85 Orang

284

arnews – Sebanyak 85 orang tewas dan 322 orang lainnya luka akibat berdesakan saat mengantre pembagian sembaki dan zakat di Sanaa, Yaman, pada Kamis (20/4).

Pejabat Houthi, kelompok yang masih menduduki ibu kota, menuturkan korban tewas dan terluka telah dipindahkan ke rumah sakit terdekat. Sementara itu, panitia pembagian sembako dan zakat telah ditahan pihak berwenang.

“Setidaknya 85 orang tewas dan lebih dari 322 orang terluka setelah penyerbuan pembagian makanan dan uang dii distrik Bab al-Yaman di ibu kota,” kata seorang pejabat keamanan Houthi.

“Wanita dan anak-anak termasuk diantara yang tewas,” katanya katanya lagi kepafa AFP tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang untuk bicara kepada media.

Kementerian Dalam Negeri Houthi tak memberikan Jumlah pasti korban. Namun kementerian itu mengatakan “Puluhan orang tewas karena penyerbuan selama pembagian sejumlah makanan dan uang secara acak oleh beberapa pedagang”.

Pembagian sembako ini berlangsung di daerah Bab al-Yaman, Sanaa, beberapa hari menjelang Idul Fitri.

Yaman sendiri saat ini masih didera perang saudara yang pecah sejak 2014, ketika pemberontak Houthi yang didukung Iran merebut masa Sanaa.

Pertempuran di Yaman memicu apa yang digambarkan PBB sebagai salah satu tragedi kemanusiaan terburuk di dunia.

Lebih dari 21,7 juta orang atau dua pertiga populasi Yaman membutuhkan bantuan kemanusiaan tahun ini, menurut PBB.

Leave A Reply

Your email address will not be published.