arnews.id
arnews.id Media Online

Bagaimana Steph Curry Merubah Permainan Bola Basket

40

Arnews – Tidak perlu dipertanyakan lagi, Steph Curry telah merubah permainan bola basket di NBA atau di dunia bola basket secara keseluruhan. Dengan bakat yang dimilikinya dia pernah berhasil membawa 73 kemenangan dalam semusim Bersama Golden State Warrior, sekaligus menyabet gelar MVP. Bagaimana seorang Steph Curry yang “hanya” mempunyai tinggi badan 191cm merubah permainan bola basket yang didominasi oleh dengan postur tubuh yang lebih besar darinya.

Three-pointer

Jika melihat permainan bola basket modern kita akan melihat begitu banyak tembakan three-point. Itu adalah hasil dari Steph Curry Bersama Golden State Warrior yang berhasil memenangkan kejuaraan dengan begitu banyak menembak three-point.

Jika melihat rekor dalam semusim NBA untuk tembakan Three-point,  Steph Curry membawa tembakan Three-poin ke level yang lebih tinggi. Pada tahun 2013, Curry menorehkan rekor 272 tembakan three-point berhasil, dan pada tahun 2015 Curry memecahkan rekornya sendiri dengan 286 tembakan berhasil dari 402 tembakan.

Small lineup

Salah satu pengaruh beasr Steph Curry adalah merubah sistem permainan NBA lebih ke belakang berada di luar garis tiga angka. Pada dua puluh tahun yang lalu NBA sangat tergantung oleh Big Man, tapi sekarang hal tersebut sudah tidak lagi relevan.

Tren small lineup dimulai Ketika Golden State Warrior sering menurunkan Draymond Green 6,7ft (204 cm) pada posisi center. Tim lain mungkin lebih besar dan kuat tetapi meraka tidak bisa menandingi kecepatan dari Steph Curry dan Golden State Warrior, lebih lagi Curry mampu berhadapan dengan Big Man dengan tembakan atau melewati.

Sklill vs Otot

Keuntungan dari transisi dari ukuran dan kemampuan adalah permainan menjadi lebih cepat dan lebih bebas. Pada dua puluh tahun lalu permainan cenderung lebih mengandalkan fisik dan permaianan yang keras sehingga lebih banyak terjadi pelanggaran.

Draft

Pengaruh Steph Curry dalam permainan bola basket bukan hanya pada level NBA tapi juga pada level sekolah dan universitas. Efek Steph Curry bisa dilihat dengan adanya pemain-pemain muda yang meniru gaya bermain Curry karena tidak mempunyai ukuran badan yang ideal untuk bermain di NBA.

Tidak diragukan lagi Steph Curry telah merubah permaianan bola basket menjadi lebih menarik untuk ditonton. Bahkan belakangan ini nama Steph Curry juga mulai disandingkan dengan nama seperti Lebron James bahkan Michael Jordan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.