arnews.id
arnews.id Media Online

AS Sanksi Pengusaha Asal Indonesia Karena Dituduh Pasok Komponen Drone Ke Iran

36

arnews – Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi ke pengusaha Indonesia usai dituduh memasok komponen drone ke Iran.

Kementerian Keuangan AS menuduh perusahaan  Surabaya Hobby CV (Surabaya Hobby) memfasilitasi pengiriman setidaknya 100 servomotor ke Psihgam Electronic Safeh Company (PESC) Iran.

Servomor adalah erangkat elektromekanik yang berfungsi mendorong atau memutar objek dengan akurasi tinggi. Alat itu berperan penting untuk membuat penerbangan drone stabil.

“Pemilik dan perwakilan Surabay Hobby yang berbasis di Indonesia, Agung Surya Dewanto berkoordinasi dengan PESC dalam pengiriman ini,” demikian rilis Kementerian Keuangan AS pada 19 Desember 2023.

Agung mendapat sanksi karena “bertindak untuk atas nama, langsung atau tidak langsung, Surabaya Hobby.”

Sementara itu Surabaya Hobby dijatuhi sanksi karena telah menyediakan atau berupaya memberi dukungan finansial,material, atau Teknologi untuk mendukung PESC

Akibat dari sanksi ini, semua property dan kepentingan atas property dan entitas terkait yang berada di AS harus diblokir. Mereka juga harus melapor ke Badan Pengawas Aset Kemenkeu AS.

Menanggapi berita ini, Agung membantah tuduhan Kemenkeu AS.

“Tidak benar, dan tidak pernah Kirim ke perusahaan tersebut (PESC) atau ke negara Iran,” kata Agung dilansir Detik, mengutip BBC Indonesia, Selasa (16/1) agung memenag mengaku pernah menjual komponen drone ke luar negeri, tetapi bukan ke Iran. Ia lantas menduga pembeli menyalahgunakan alat-alat tersebut untuk dijual ke pembeli Iran.

Leave A Reply

Your email address will not be published.