arnews.id
arnews.id Media Online

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 20 Persen

283

arnews – Arus mudik lebaran di pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, diprediksi naik 20 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Kenaikan arus mudik tahun ini karena pada tahun 2020-2021, pemerintah melarang mudik karena pandemic Covid-19.

“Untuk prediksi kenaikan kita target disbanding 2019 itu sekitar 15 persen sampai 20 persen. Kenapa (perbandingan) tahun 2019, karena tahun 2020 sampai 2021 itu ada PPKM dan larangan mudik. Tapi untuk saat ini kita ketahui bahwa, pemerintah sudah membolehkan mudik,” kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Lutfi Pratama, dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (21/4).

ASDP akan menerapkan tiga pola penggunaan kapal selama arus mudik lebaran, yakni pola normal, padat, dan sangat padat.

Dalam pola normal, hanya ada 30 kapal yang beroperasi. Kemudian saat padat, ada 34 kapal yang digunakan. Selanjutnya saat sangat padat atau puncak arus mudik, hanya kapal-kapal besar yang akan mengangkut kendaraan dan pemudik dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Selain menerapkan 3 pola itu ASDP juga akan mempercepat proses bongkar muat kapal pada tujuh dermaga akan dipercepat.

“Jadi tadinya port time atau jam muat kapal itu 70 menit, nanti ketika peek season, itu adalah istilah kapal penuh langsung berangkat, jadi engga nunggu waktu port time nya habis percepatan pemuatan,” terangnya.

Lutfi juga menghimbau kepada masyarakat untuk mudik lebih awal dan tidak dekat dengan lebaran.

“Pemerintah sudah mengumumkan tanggal 29 April itu libur bersama. Maka itu kamu memprediksi bahwa di tanggal 28 malam itu akan terjadi peningkatan arus mudik di Pelabuhan Merak. Selanjutnya untuk kesiapan dermaga, kita siapkan tujuh dermaga,” kata Lutfi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.