arnews.id
arnews.id Media Online

Arab Saudi Tak Mau AS Serang Houthi Dari Wilayahnya         

38

arnews – Arab Saudi mengambilkan langkah tegas dengan membatasi penggunaan tanah dan wilayah udaranya oleh pasukan Amerika Serikat menyerang kelompok Houthi di Yaman.

Pejabat pertahanan AS mengatakan beberapa tindakan itu termasuk mengizinkan pesawat tempur Amerika untuk mengisi bahan bakar hanya di pangkalan udara militer kerajaan.

Saudi juga mencegah pasukan Amerika menggunakan sistem pertahanan rudal mereka yang ada di Arab Saudi, untuk melawan Houthi.

Dilansir Middle East Monitor, Arab Saudi sejauh ini belum buka usara soal kabar tersebut.

Namun sejak awal eskalasi di Laut Merah, Saudi menolak bergabung dengan koalisi negara-negara yang dipimpin AS melawan Houthi.

Menurut pejabat AS tersebut, Washington kini memperkuat pertahanan rudalnya di Socotra, sebagai antisipasi serangan Houthi terhadap pangkalan-pangkalan di wilayah tersebut.

“Langkah-langkah ini bertujuan untuk mencegat rudal jauh yangg mungkin diluncurkan oleh Houthi,” ujat pejabat itu.

Sejak November 2023 lalau, Houthi Yaman mulai menyerang kapal-kapal yang terkait Israel, sebagai bentuk solidaritas bagi Palestina.

Pada Janusari 2024, ketegangan di Laut Merah meningkat setelah AS dan Inggris mulai balas menyerang situs Houthi di Yaman. Akibatnya, kelompok itu juga mulai memasukan kapal-kapal AS dan inggris sebagai sasaran mereka.

Leave A Reply

Your email address will not be published.