arnews.id
arnews.id Media Online

Alasan Garuda-Citilink Larang Koper Airweel Dibawa Ke Kabin Pesawat

33

arnews – Isu kope AirWheel penumpang dilarang masuk ke kabin pesawat viral di media sosial baik X maupun TikTok belakangan ini.

Penumpang yang membawa koper AirWheel mengaku terkejut dengan larangan itu.

Mereka juga mempertanyakan adanya larangan tersebut. Pasalnya, sebelumnya mereka bisa terbang dan membawa kope AirWheel ke kabin.

Smart luggage atau koper AirWheel merupakan jenis koper yang bisa dikendarai, karean dilengkapi dengan pegangan, roda, dan mesin yang memakai baterai litium.

Tujuannya, agar penumpang tidak Lelah karena bisa duduk di atas koper sambil mengendarainya.

Maskapai penerbangan, Garuda Indonesia dan Citilink melarang penumpang membawa koper AirWheel masuk ke kabin pesawat demi alasan keamanan bersama.

Psalnya, koper AirWheel merupakan jenis koper smart bermesin yang memakai baterai lithium. Semua jenis baterai lithium tidak bisa dibongkar pasang tak diizinkan masuk kabin karena bisa mengganggu penerbangan.

Berdasarkan situs resmi Garuda Indonesia, terdapat beberapa benda yang dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat, karena alasan keselamatan dan keamanan.

“Kendaraan kecil yang menggunakan baterai lithium seperti airwheel, solowheel, hoverboard,mini-segway, balance wheel, dan lain-lain tidak diperbolehkan dibawa dalam kabin pesawat semua penerbangan Garuda Indonesia, baik sebagai bagasi kabin maupun bagasi terdaftar,” bunyi informasi di laman resmi Garuda Indonesia.

Begitu juga dengan Citilink, di situs resminya disebutkan dua ketentuan yang harus dipenuhi dalam membawa smart luggage atau AirWheel ke kabin pesawat.

Sejak 2013 lalu Federal Aviation Adminitration (FAA) telah melarang baterai lithium cadangan di bagasi terdaftar untuk disimpan di unit kargo pesawat. Sebagian besar smart luggage atau AirWheel menggunakan tenaga baterai lithium-ion, dinilai berbagaya karena berpotensi terjadi kebakaran, sehingga tidak diperbolehkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.