arnews.id
arnews.id Media Online

3 Tujuan Terfavorit Pemudik Versi Kemenhub

30

arnews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan ada tiga daerah yang menjadi destinasi paling banyak dikunjungi pemudik saat Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah nanti.

Data ini berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan Kemenhub melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta melibatkan para pakar dan akademisi di bidang transportasi.

“Hasil Survei menunjukkan untuk tujuan terbanyak yaitu, Jawa Tengah, jawa Timur, dan Jawa Barat,” ujar Menteri Prhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis, Selasa (13/3).

Secara keseluruhan, Kemenhub memperkirakan terjadi lonjakan hingga 71,7 persen pada tahun ini. Dari yang sebelumnya 123,8 juta orang pada 2023 diprediksi menjadi sebanyak 193,6 juta pada 2024.

Daftar daerah tujuan mudik tervaforit vesi Kemenhub:

  • Jawa Tengah 31,8 persen (61,6 Juta Orang)
  • Jawa Timur 19,4 persen (37,6 Juta Orang)
  • Jawa Barat 16 persen (32,1 Juta Orang)

Berdasarkan pilihan masyarakat, diperkirakan puncak mudik terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024 saat dimulainya cuti bersama Lebaran. Hal itu berpotensi terjadi pergerakan 26,6 juta orang.

Sementara arus balik diprediksi terjadi pada H+3 atau Minggu, 14 Arpil 2024 dengan potensi pergerakan 41 juta orang.

Oleh sebab itu, pemerintah akan memberlakukan berbagai kebijakan yang efektif untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik yang dapat mengakibatkan kepadatan.

“Pnegaturan waktu mudik, penyelenggaraan diskon tarif transportasi massal untuk mudik lebih dini, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, diskon tarif jalan tol, hingga pengaturan lalu lintas terutama pada daerah yang beresiko terjadi kepadatan luar biasa akan kami lakukan,” pungkas Budi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.