Diam-diam Pemerintah China Blokir Wikipedia

Diam-diam Pemerintah China Blokir Wikipedia

Wikipedia

Shanghai, Jurnas.com – Laman Wikipedia kini tidak bisa lagi diakses di China, setelah pemerintah mengambil langkah pemblokiran sejak April lalu.

“Pada April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di China,” kata juru bicara Wikimedia Foundation Samantha Lien pada Rabu (15/5).



“Setelah menganalisis dengan cermat laporan lalu lintas internal kami, kami dapat mengonfirmasi Wikipedia diblokir di semua versi bahasa,” imbuh dia dilansir dari Reuters.

Jauh sebelum memblokir Wikipedia, pihak berwenang di China sudah terlebih dahulu memblokir akses ke laman media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram.

Adapun artikel Wikipedia mengenai isu-isu sensitif, seperti protes pro-demokrasi tahun 1989 di Lapangan Tiananmen dan wilayah Himalaya di Tibet, sudah sejak lama diblokir di China, kendati situs utama dapat diakses.

Kecurigaan terhadap upaya pemblokiran muncul pada akhir April, ketika sejumlah pengguna internet di China mengeluh karena tidak bisa mengakses Wikipedia.

Selanjutnya, sebuah tes yang dijalanan oleh laman GreatFire mengungkapkan bahwa situs kaya informasi itu belum dapat diakses dari China sejak 23 April 2019.

“Ketika satu negara, wilayah, atau budaya tidak dapat bergabung dengan percakapan global di Wikipedia, seluruh dunia menjadi lebih miskin,” ungkap Lien.

TAGS : Wikipedia China

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/52656/Diam-diam-Pemerintah-China-Blokir-Wikipedia/

Related posts

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz