Iran Tutup Perbatasan dengan Kurdistan Irak

Iran Tutup Perbatasan dengan Kurdistan Irak

Juru Bicara Menteri Luar Negeri Iran (Menlu Ir), Bahram Qasemi (Foto: Pars Today)

Tehran – Juru Bicara Kementerina Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi menutup perbatasannya dengan Kurdistan Irak sebagai tanggapan atas referendum kemerdekaannya, Senin (25/9) 

“Atas permintaan pemerintah Irak, kami menutup perbatasan darat dan udara kita dengan Kurdistan Irak,“ kata jubir Bahram Qasemi dalam konferensi pers.

Referendum itu “ilegal dan tidak sah,“ tambahnya, dilansir Arab News, Senin (25/9)

Pada Minggu pemerintah Iran mengumumk, pihaknya menghentikan semua penerbangan ke dan dari Kurdistan Irak untuk menanggapi pemungutan suara referendum kemerdekaan Kurdi

Presiden Hassan Rouhani berbicara semalam dengan Perdana Menteri Irak Haidar Al-Abadi, dengan mengatakan, “Republik Islam Iran sepenuhnya mendukung pemerintah pusat Irak.”

Referendum tersebut berlanjut pada Senin, meskipun ada tentangan kuat dari Baghdad dan tetangganya, serta pemerintah Barat termasuk Amerika Serikat.

Pemerintah Iran khawatir pemungutan suara tersebut dapat mendorong separatis di wilayah Kurdi sendiri. Pekan lalu, ia ia megatakan kemerdekaan dapat berarti mengakhiri semua pengaturan perbatasan dan keamanan. Pasukan keamanan Iran menghadapi serangan reguler oleh kelompok separatis Kurdi, yang terutama berbasis di perbatasan di Kurdistan Irak.

TAGS : Iran Kurdi Irak

This article is automatically posted by WP-AutoPost Plugin

Source URL:http://www.jurnas.com/artikel/22314/Iran-Tutup-Perbatasan-dengan-Kurdistan-Irak/

Related posts

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz