arnews.id
arnews.id Media Online

10 Tahun Sejak MH370 Hilang, Malaysia Bakal Lanjutkan Pencarian

41

arnews – Pemerintah Malaysia menyatakan bakal melanjutkan pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang misterius sejak 10 tahun lalu.

Menteri Transportasi Malaysia, Loke Siew Fook, mengatakan pencarian pesawat Boeing 777 itu akan melibatkan sebuah perusahaan eksplorasi lau Amerika Serikat.

“Ini merupakan misteri penerbangan terbesar di seluruh dunia. Kami harus memecahkan misteri ini,” kata Fokk dalam upacara peringatan hulangnya pesawat MH370 yang diorganisir keluarga korban.

Fook mengatakan bakal membujuk kabinet Negeri Jiran untuk menyetujui kelanjutan pencarian pesawat MH370

Dia juga berujar pencarian ini nantinya dilakukan Berdasarkan asas “no-find, no fee” alias tak akan menerima bayaran jika pesawat tidak ditemukan.

Perusahaan AS yang akan dilibatkan yakni Ocean Infinity, perusahaan yang pernah mengambil alih operasi pencarian MH370 pada 2018. Fook sudah menginstruksikan Kementerian Transportasi Malaysia untuk mengundang Ocean Infinity ke Negeri Jiran guna memberikan arahan.

Perdana menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, menyambut baik pencarian kembali pesawat yang hilang secara misterius itu.

“Jika ada bukti yang perlu untuk dibuka kembali, kami dengan senang hati akan membukannya kembali,” kata Anwar, seperti dikutip dari AFP, Senin (4/3).

“Saya rasa itu bukanlah sebuah masalah teknis. Itu adalah persoalan yang memengaruhi kehidupan masyarakat dan apapun yang diperlukan harus dilakukan,” katanya.

Pesawat MH370 dilang dari radar setelah kirang dari 40 menit lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumput pada 8 Maret 2014 silam. Pesawat berpenumpang 239 orang itu sedianya menuju Beijing.

Dikutip dari Kyodo News, Berdasarkan Komunikasi radar dan satelit, pesawat MH370 diperkirakan menyimpang dari jalur penerbangannya dan jatuh di Samudera Hindia bagian Selatan.

Dugaan itu pun memicu pencarian internasional besar-besaran yang dipimpin oleh Australia.

Pencarian Boeing 777 ini menghabiskan waktu tiga tahun dan menyisir hingga 120 ribu kilometer persegi Perairan. Pada Januari 2017, misi pencarian itu akhirnya dihentikan tanpa temuan apapun yang signifikan.

Setahun kemudian pada Januari 2018, Ocena Infinity mengambil alih operasi pencarian dan menyusuri 112 ribu kilometer persegi laut. Perusahaan itu tak mendapatkan temuan apa pun hingga mereka menghentikan pencarian pada Mei.

Leave A Reply

Your email address will not be published.