arnews.id
arnews.id Media Online

10 Monster Predator Laut Prasejarah

998

arnews –  Pada berjuta-juta tahun yang lalu bumi dikuasai oleh monster-monster besar  yang menakutkan dan berada pada puncak rantai makanan. Ini adalah 10 monster predator laut prasejarah yang paling menakutkan :

10. Shastasaurus

shastasaurus-daniel-eskridge Fine Art America

Shastrasaurus adalah reptil laut terbesar yang pernah ditemukan, bisa tumbuh hingga 20 meter Shastasaurus memburu ikan dengan cara menghisap. Dengan nama lain ictchyosaurus diperkirakan hidup pada era Triassic lebih dari 200 juta tahun lalu

9. Dakosaurus

Fosil Dakosaurus pertama kali ditemukan di Jerman. Dari penemuan fosil tersebut diperkirakan Dakosaurus memiliki tubuh reptile yang mempunyai karakter ikan, dengan panjang 5 meter Dakosaurus adalah predator unggul menurut para peneliti yang membandingkanya dengan Buaya masa kini.

8. Thalassomedon

 Thalassomedon yang berarti dewa laut dalam Bahasa Yunani adalah predator yang massif dengan panjang bisa mencapai lebih dari 12 meter dan mempunyai panjang sirip 2 meter. Thalassomedon hidup pada era Cetaceous akhir.

7. Nothosaurus

Nothosaurus adalah predator yang sangat agresif, dengan panjang hanya 4 meter Nothosaurus dibekali dengan mulut penuh dengan gigi panjang hingga keluar. Cara berburu Nothosaurus adalah dengan bersembunyi lalu menyergap mangsanya. Peneliti meyakini Nothosaurus hidup pada masa Triassic 200 juta tahun lalu.

6. Tylosaurus

Dengan tubuh besar mencapai 15 meter memakan apa saja yang asalkan itu daging. Pada fosil yang ditemukan ada tanda-tanda dari ikan, hiu, sampai dengan burung pada perut Tylosaurus. Mereka Hidup pada era akhir Cretaceous.

5. Thalattoarchon Saurophagis

Baru saja ditemukan, Thalattoarchon Saurophagis sama besarnya denga bus sekolah, dengan panjang mencapai 9 meter. Thalattoarchon Saurophagis hidup pada era Triassic 244 juta tahun yang lalu.

4. Helicoprion

Helicoprion hidup yang pada 270 juta tahun yang lalu merupakan cartilaginous (mempunyai  tulang rawan) dengan gigi menyerupai baling-baling Helicoprion. Ditemukan pada 1899, para peneliti bingung kenapa Helicorpion memiliki bentuk gigi seperti itu.

Helicoprion memiliki panjang 8 meter.

3. Liopleurodon

 Liopleurodon adalah reptile laut yang berukuran panjang lebih dari 6 meter. Mereka hidup di laut yang mengitari Eropa pada era Jurassic. Liopleurodon adalah salah satu predator paling dominan pada era Jurassic. Liopleurodon memiliki rahang berukuran 3 meter yang membuat mereka berada di atas rantai makanan.

2. Mosasaurus

Fosil Mosasaurus ditemukan dengan panjang mencapai 15 meter, dan merupakan predator terbesar pada era Cretaceous. Mosasaurus memiliki kepala seperti buaya, dengan ratusan gigi yang sangat tajam.

1. Megalodon

Megalodon adalah hiu terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Megalodon menguasai lautan pada era Cenozoic 28-1.5 juta tahun lalu, dan merupakan versi terbesar dari Hiu Putih. Ketika Hiu Putih memiliki panjang 6 meter, Megalodon memiliki panjang 20 meter yang membuatnya jauh lebih menakutkan.

sumber : listverse.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.